Masak Lebih Praktis, 5 Peralatan Dapur ini Wajib Dimiliki oleh Pasangan Pengantin Baru


Banyak tantangan yang harus dihadapi seorang pasangan pengantin baru. Apalagi kalau kamu termasuk pasangan pengantin baru yang hidup mandiri, alias tak lagi tinggal bersama orang tua.

Tak sedikit yang harus dipersiapkan, mulai dari rumah hingga perabotan di dalamnya. Salah satu yang tak kalah penting adalah adanya peralatan dapur. Ini menjadi sangat hal esensial, apalagi buat kamu para istri yang baru belajar memasak.

Kira-kira apa saja ya peralatan dapur yang wajib dimiliki oleh pasangan pengantin baru? Yuk, langsung simak daftar lengkapnya di bawah ini!

1. Kompor

Untuk urusan masak memasak, kompor tentu jadi hal nomor satu yang wajib ada di dalam dapurmu. Bukan berarti kamu tak bisa masak jadi tak perlu kompor, ya! Alat dapur satu ini ternyata punya banyak manfaat bahkan buat kamu yang masih belum lancar memasak.


Hitung-hitung kamu bisa belajar memasak makanan yang sederhana seperti telur goreng, mie instan, atau tumis sayur sederhana. Kami sarankan untuk pilihlah model kompor minimalis yang elegan agar dapur Anda juga tampil mewah.

2. Rice Cooker

Nasi menjadi salah satu makanan pokok yang banyak dikonsumsi orang Indonesia. Oleh karena itu, kurang lengkap rasanya bila di dapur tidak ada rice cooker.

Alat ini bisa membantu kamu memasak nasi dengan praktis, bahkan buat kamu yang tak bisa memasak sekalipun. Pilih rice cooker yang kualitasnya tahan lama, pancinya tidak gampang tergores.

3. Peralatan masak dan alat makan

Alat makan seperti piring, gelas, sendok, dan garpu menjadi salah satu peralatan dapur yang tak boleh kamu lewatkan. Nah, buat kamu yang baru belajar masak jangan lupa juga untuk membeli peralatan masak multifungsi seperti Hebatta agar bisa berlatih memasak biar cepat jago!

4. Kulkas

Kulkas juga menjadi perabot dapur yang harus dimiliki oleh pasangan pengantin baru. Alat satu ini bisa membantu kamu menyimpan beragam bahan makanan sehingga lebih tahan lama dan gak cepat basi satu busuk. Jadi kamu para istri tak perlu repot belanja setiap hari, deh!

5. Blender

Buat kamu pasangan suami istri yang inginnya serba praktis, wajib memiliki blender sebagai alat dapur di rumah. Kamu bisa membuat berbagai jenis minuman dingin atau smoothies beraneka rasa namun tetap sehat.

Sudah tahu dong apa saja yang peralatan dapur yang harus kamu punya sebagai pasangan suami istri? Pastikan kamu sudah punya barang-barang di atas saat menikah nanti, ya!

Pahami 5 Cara Mengendalikan Emosi Diri Sendiri


Pada dasarnya setiap manusia memiliki emosi. Emosi yang muncul bisa emosi positif atau emosi negatif. Emosi adalah ekspresi normal atas berbagai hal yang terjadi dalam hidup. Karena emosi adalah perkataan atau ungkapan perasaan yang keluar dari dalam diri seseorang, maka dari itu Anda harus mengekspresikan emosi dengan tepat.

Setiap orang pasti mempunyai tingkat emosi yang berbeda-beda, namun setiap orang dituntut untuk mampu mengendalikan emosinya dengan baik. Sayangnya, banyak sebagian orang tidak mampu mengendalikan emosinya dengan baik. Tapi sekarang sudah banyak alat bantu kesehatan yang mampu mengendalikan emosi lho.

Mengekspresikan emosi secara tepat dan mengetahui cara mengendalikan emosi akan membuat Anda merasa lebih baik. Oleh karenanya, penting untuk diketahui bagaimana cara mengendalikan emosi.

Berikut ini adalah cara mengendalikan emosi yang bisa Anda coba, di antaranya:

# Mengubah situasi

Jika seseorang kecewa terhadap suatu kejadian, maka emosi negatif pasti akan muncul dalam dirinya. Contohnya, Anda sering emosional setiap kali memasak tapi masakan Anda tidak ada yang makan. Maka jalan keluarnya adalah Anda ubah masakan, misalnya dengan memasak makanan yang disukai suami/anak. Bila Anda emosional ketika sedang berdiri, cobalah duduk. Bila Anda emosional ketika sedang didalam ruangan, cobalah jalan ke halaman.

# Jangan terburu-buru


Bila Anda termasuk orang yang emosional ketika menjalankan sesuatu dengan terburu-buru, maka usahakan buat rencana yang baik sehingga Anda tidak perlu terburu-buru menjalankan pekerjaan tertentu. Misalnya, jika Anda sering emosi bila bertemu dengan seseorang teman, maka coba jaga jarak dengan teman tersebut.

Kelola waktu dengan mengatur jadwal dan membuat rencana hal-hal yang perlu dilakukan. Perencanaan akan membantu Anda mengurangi stres.

# Menyibukan diri dengan hobi

Menjalankan aktivitias yang membuat Anda senang dapat menciptakan emosi positif di kehidupan sehari-hari. Mengerjakan hobi yang Anda sukai membuat Anda merasa rileks dalam dunia Anda sendiri.

# Memberi bantuan pada orang lain

Cara mengendalikan emosi ini adalah salah satu cara yang juga dianjurkan oleh banyak agama. Kegiatan memberi dapat membuat Anda senang. Memberi di sini tidak hanya diartikan dengan materi, tetapi Anda juga bisa memberikan bantuan waktu hingga memberi senyum.

# Ceritakanlah pada orang lain

Mencurahkan isi hati kepada teman yang Anda percaya atau yang mengalami hal serupa akan sangat membantu mengatasi emosi yang Anda alami. Mengeluh dan tertawa bersama dapat membantu menyingkirkan rasa emosi

Nah, itulah beberapa cara mengendalikan emosi yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba.

Kenali Gejala Asam Urat, Pencegahan serta Pengobatannya


Penyakit asam urat atau disebut juga dengan gout sering ditandai dengan rasa nyeri hebat pada bagian kaki. Sakit gejala asam urat ini sering kali tak tertahankan hingga mengakibatkan rasa panas pada persendian. Organ tubuh yang paling sering terserang adalah bagian persendian tangan, pergelangan kaki, jari kaki, dan juga lutut, karena banyak kandungan asam urat berlebih menumpuk pada bagian tubuh tersebut.

Pada umumnya asam urat menyerang pada usia dewasa, namun perempuan lebih rawan terkena penyakit ini yang biasanya terjadi saat setelah menopause. Rasa sakit yang muncul akibat asam urat bisa berlangsung selama 4-10 hari. Pembengkakan akan terjadi pada sendi di ikut dengan kondisi warna kulit memerah. Pada tahap ini, penderita akan sulit bergerak.

Pahami Gejala Penyakit Asam Urat

Tidak sedikit orang Indonesia yang sering salah kaprah tentang penyakit asam urat sama dengan rematik. Padahal rematik merupakan gambaran umum rasa sakit pada persendian yang mengalami peradangan, sedangkan asam urat hanya salah satu penyebab sakit itu terjadi. Dengan mengenali gejala pada sakit asam urat kamu bisa membedakan sakit sendi yang diakibatkan oleh kondisi lain.

- Nyeri Sendi di Pagi dan Malam Hari; Gejala utama asam urat adalah linu, bengkak dan nyeri sendi yang kunjung dirasakan saat malam hari menjelang tidur dan bangun tidur di pagi hari. Serta permukaan kulit yang berubah memerah.
- Terdapat Warna Merah pada Sendi Kaki; Saat merasakan nyeri pada sendi kaki, biasanya akan diikuti dengan rasa panas hingga membuat kulit menjadi tampak merah. Pembengkakan akan terjadi dan membuat kamu sulit berjalan.
- Sendi Keras dan Susah Bergerak; Jika tidak segera diobati persendian akan menjadi terasa keras dan semakin kaku. Bahkan bisa mengakibatkan mati rasa dan lumpuh.

- Penyebab Asam Urat; Banyaknya zat asam urat yang terkumpul mampu membentuk kristal-kristal tajam pada bagian sendi, itulah penyebab rasa nyeri muncul pada persendian. Makanan seperti seafood, daging merah, jeroan bisa jadi pemicu asam urat karena memiliki kadar asam urat yang cukup tinggi. Selain itu, minuman beralkohol juga bisa menjadi salah satu pemicunya.

Penanganan Penyakit Asam Urat

Untuk menangani penyakit asam urat ada dua caranya, yaitu meringankan gejala sakit dan mencegah sakit asam terulang kembali. Untuk meringankan gejala penyakit asam urat kamu bisa mengunakan kantong es dan tempelkan pada sendi yang terasa sakit. Atau bisa juga konsumsi obat pereda rasa sakit, seperti obat anti inflamasi, colchicine, dan obat golongan stroid lainnya. Sedangkan untuk mencegah kambuh serangan penyakit asam urat, segera konsumsi obat Forsendi untuk menurunkan kadar asam urat pada tubuh. Terakhir, hindari makanan dengan zat purin tinggi yang dapat menjadi pemicu penyakit asam urat.


Itulah beberapa gejala, pencegahan, serta bagaimana cara menangani penyakit asam urat. Bila kamu merasakan gejala seperti yang disebutkan diatas, segera lakukan pengobatannya.

Buat Roti Sehat Sendiri dengan Bread Maker Ini


Belakangan ini kita ditawarkan roti berwarna coklat, yang lebih sering disebut roti gandum. Roti jenis ini menjadi alternatif bagi kita, di samping roti tawar berwarna putih yang telah populer lebih dulu. Namun, sebenarnya, bagaimana signifikansi dari roti yang disebut-sebut lebih sehat dan kaya serat itu?

Sama-sama terbuat dari gandum, roti berwarna coklat yang sedang kita bahas memiliki nutrisi yang lebih lengkap dan tanpa campuran pewarna. Roti jenis ini dibuat dengan keseluruhan biji gandum, yakni dedak, edosperma, dan benih. Hal itu membuatnya kaya serat, cocok disajikan pada waktu sarapan, mengandung protein, vitamin B, zat besi, dan nutrisi alami lainnya.

Sedangkan roti tawar putih, jenis ini hanya menggunakan bagian edosperma dari biji gandum dan membuang bagian-bagian lainnya. Karena itu, kandungan nutrisinya pun tidak terlalu kaya. Apalagi jika mengingat warna putih yang dimilikinya berasal dari pewarna yang kurang sehat.

Selain itu, keutamaan roti gandum terletak pada kandungan lemaknya yang rendah, sekaligus bebas kolesterol. Karenanya, roti gandum baik digunakan sebagai sumber karbohidrat yang aman bagi penderita diabetes, kolesterol tinggi, obesitas, bahkan gangguan jantung dan kanker. Menarik sekali, bukan, roti dengan `biji gandum utuh` ini?

Buat Sendiri, Lebih Baik dari Membeli

Sayangnya, keistimewaan roti gandum yang dijual di pasaran seringkali hanya sebatas pelabelan dan gimmick. Beberapa di antaranya, bahkan, hanya menggunakan tepung gandum biasa dan pewarna coklat. Selain meneliti lebih lanjut komposisi roti gandum yang ingin kita beli, kita pun perlu pula mengecek tanggal produksi dan kadaluarsa dari roti tersebut.

Repot? Tentu, bahkan saat kita sudah membeli pun kita tidak bisa benar-benar yakin bagaimana kandungan roti itu sebenarnya.

Untungnya, selalu ada pilihan terbaik yang bisa kita pilih. Dalam konteks ini, sebenarnya kita bisa membuat roti kita sendiri dengan bahan-bahan yang kita ketahui sendiri kualitasnya, proses pembuatan yang kita jalankan, sekaligus hasil yang bisa langsung dinikmati dalam keadaan hangat. Lebih yakin akan kesehatan dan kebersihan roti yang kita sajikan untuk keluarga!

Namun bagaimana hal itu bisa mungkin untuk dilakukan? Mudah dan praktis saja, tidak perlu membayangkan cara-cara yang rumit. Kita hanya perlu melibatkan Re-Bread Automatic Breadmaker dari Matrixshop.co.id! Cukup sediakan bahan-bahannya, satukan dalam produk unggulan ini, tekan-tekan tombol, menunggu, dan voila, kita punya roti sehat dan hangat!

Bread maker satu ini bisa kita dapatkan sekarang, lengkap dengan bonus bernilai tinggi dengan berbagai promo yang dihadirkan Matrixshop menjadikan mesin pembuat roti otomatis ini semakin terjangkau.

Konsumsi Ikan Dua Kali Seminggu Bisa Turunkan Risiko Stroke dan Gagal Jantung


Ikan merupakan salah satu sumber asam lemak omega 3 terbaik yang penting untuk tubuh dan otak. Membiasakan makan ikan tinggi omega-3 dua kali seminggu membantu mengurangi risiko gagal jantung, penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke iskemik.

Ikan menjadi sumber protein yang lebih sehat dibandingkan dengan daging yang kaya akan lemak jenuh. Hal ini diperkuat oleh penelitian lain yang membuktikan bahwa mengganti tiga persen protein dari daging olahan dengan ikan dapat menurunkan 31 persen risiko kematian akibat komplikasi jantung atau stroke.

Pasalnya, daging mengandung lemak jenuh yang jika dikonsumsi berlebih dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat hingga menimbulkan plak di arteri (aterosklerosis) yang bisa memicu berbagai penyakit jantung.

Ditambah lagi sekitar 40% orang memiliki kadar vitamin D yang kurang di dalam tubuhnya. Hal ini dapat memicu risiko terjadinya penyakit jantung, diabetes, demensia, dan penyakit autoimun. Vitamin D biasanya didapatkan dari paparan sinar matahari, tapi ikan juga dapat menjadi sumber vitamin D yang baik bagi tubuh.

Berbagai manfaat asam lemak omega 3 untuk kesehatan jantung yaitu:

– Menurunkan kadar trigliserida (lemak selain kolesterol) sebanyak 15 hingga 30 persen.
– Menurunkan tekanan darah pada orang hipertensi.
– Meningkatkan HDL atau kadar kolesterol baik di dalam tubuh.
– Menjaga arteri dari kerusakan dan mencegah penumpukan plak yang dapat menyumbat dan mengeraskan arteri.
– Mengurangi produksi beberapa zat penyebab peradangan.

Namun, Anda tidak bisa mengganti ikan dengan suplemen minyak ikan yang juga mengandung omega 3. Pasalnya, tidak ada hasil penelitian yang membuktikan bahwa suplemen minyak ikan memiliki manfaat yang sama dengan makan ikan secara langsung.

AHA merekomendasikan untuk makan dua porsi ikan seberat 100 gram setiap minggunya. Hampir semua ikan mengandung nutrisi yang baik, tetapi ikan salmon, mackerel, herring, trout, sarden, tuna albacore, teri, dan juga lele mengandung asam lemak omega 3 yang lebih banyak dibandingkan ikan lainnya.

Untuk itu, cobalah untuk mengonsumsi berbagai jenis ikan ini agar mendapatkan manfaat maksimal untuk kesehatan jantung.

Namun, perhatikan juga cara memasaknya. Pasalnya, cara memasak yang salah dapat memengaruhi nutrisi di dalamnya. Penelitian yang dilakukan pada 90 ribu orang Amerika menemukan fakta bahwa orang yang makan ikan goreng seminggu sekali berisiko 48 persen lebih tinggi terkena gagal jantung dibandingkan dengan yang makan ikan tanpa menggorengnya.

Selain itu, kandungan omega-3 dari ikan tuna yang digoreng dapat menurun sebanyak 75%-80%. Hal sama juga terjadi pada ikan salmon, kandungan vitamin D juga dapat berkurang setengahnya jika digoreng.

Dibandingkan dengan menggorengnya, berikut berbagai cara memasak ikan yang dianjurkan untuk menjaga keutuhan nutrisinya.