Kenali Gejala Asam Urat, Pencegahan serta Pengobatannya


Penyakit asam urat atau disebut juga dengan gout sering ditandai dengan rasa nyeri hebat pada bagian kaki. Sakit gejala asam urat ini sering kali tak tertahankan hingga mengakibatkan rasa panas pada persendian. Organ tubuh yang paling sering terserang adalah bagian persendian tangan, pergelangan kaki, jari kaki, dan juga lutut, karena banyak kandungan asam urat berlebih menumpuk pada bagian tubuh tersebut.

Pada umumnya asam urat menyerang pada usia dewasa, namun perempuan lebih rawan terkena penyakit ini yang biasanya terjadi saat setelah menopause. Rasa sakit yang muncul akibat asam urat bisa berlangsung selama 4-10 hari. Pembengkakan akan terjadi pada sendi di ikut dengan kondisi warna kulit memerah. Pada tahap ini, penderita akan sulit bergerak.

Pahami Gejala Penyakit Asam Urat

Tidak sedikit orang Indonesia yang sering salah kaprah tentang penyakit asam urat sama dengan rematik. Padahal rematik merupakan gambaran umum rasa sakit pada persendian yang mengalami peradangan, sedangkan asam urat hanya salah satu penyebab sakit itu terjadi. Dengan mengenali gejala pada sakit asam urat kamu bisa membedakan sakit sendi yang diakibatkan oleh kondisi lain.

- Nyeri Sendi di Pagi dan Malam Hari; Gejala utama asam urat adalah linu, bengkak dan nyeri sendi yang kunjung dirasakan saat malam hari menjelang tidur dan bangun tidur di pagi hari. Serta permukaan kulit yang berubah memerah.
- Terdapat Warna Merah pada Sendi Kaki; Saat merasakan nyeri pada sendi kaki, biasanya akan diikuti dengan rasa panas hingga membuat kulit menjadi tampak merah. Pembengkakan akan terjadi dan membuat kamu sulit berjalan.
- Sendi Keras dan Susah Bergerak; Jika tidak segera diobati persendian akan menjadi terasa keras dan semakin kaku. Bahkan bisa mengakibatkan mati rasa dan lumpuh.

- Penyebab Asam Urat; Banyaknya zat asam urat yang terkumpul mampu membentuk kristal-kristal tajam pada bagian sendi, itulah penyebab rasa nyeri muncul pada persendian. Makanan seperti seafood, daging merah, jeroan bisa jadi pemicu asam urat karena memiliki kadar asam urat yang cukup tinggi. Selain itu, minuman beralkohol juga bisa menjadi salah satu pemicunya.

Penanganan Penyakit Asam Urat

Untuk menangani penyakit asam urat ada dua caranya, yaitu meringankan gejala sakit dan mencegah sakit asam terulang kembali. Untuk meringankan gejala penyakit asam urat kamu bisa mengunakan kantong es dan tempelkan pada sendi yang terasa sakit. Atau bisa juga konsumsi obat pereda rasa sakit, seperti obat anti inflamasi, colchicine, dan obat golongan stroid lainnya. Sedangkan untuk mencegah kambuh serangan penyakit asam urat, segera konsumsi obat Forsendi untuk menurunkan kadar asam urat pada tubuh. Terakhir, hindari makanan dengan zat purin tinggi yang dapat menjadi pemicu penyakit asam urat.


Itulah beberapa gejala, pencegahan, serta bagaimana cara menangani penyakit asam urat. Bila kamu merasakan gejala seperti yang disebutkan diatas, segera lakukan pengobatannya.

0 komentar:

Posting Komentar