Pahami 5 Cara Mengendalikan Emosi Diri Sendiri


Pada dasarnya setiap manusia memiliki emosi. Emosi yang muncul bisa emosi positif atau emosi negatif. Emosi adalah ekspresi normal atas berbagai hal yang terjadi dalam hidup. Karena emosi adalah perkataan atau ungkapan perasaan yang keluar dari dalam diri seseorang, maka dari itu Anda harus mengekspresikan emosi dengan tepat.

Setiap orang pasti mempunyai tingkat emosi yang berbeda-beda, namun setiap orang dituntut untuk mampu mengendalikan emosinya dengan baik. Sayangnya, banyak sebagian orang tidak mampu mengendalikan emosinya dengan baik. Tapi sekarang sudah banyak alat bantu kesehatan yang mampu mengendalikan emosi lho.

Mengekspresikan emosi secara tepat dan mengetahui cara mengendalikan emosi akan membuat Anda merasa lebih baik. Oleh karenanya, penting untuk diketahui bagaimana cara mengendalikan emosi.

Berikut ini adalah cara mengendalikan emosi yang bisa Anda coba, di antaranya:

# Mengubah situasi

Jika seseorang kecewa terhadap suatu kejadian, maka emosi negatif pasti akan muncul dalam dirinya. Contohnya, Anda sering emosional setiap kali memasak tapi masakan Anda tidak ada yang makan. Maka jalan keluarnya adalah Anda ubah masakan, misalnya dengan memasak makanan yang disukai suami/anak. Bila Anda emosional ketika sedang berdiri, cobalah duduk. Bila Anda emosional ketika sedang didalam ruangan, cobalah jalan ke halaman.

# Jangan terburu-buru


Bila Anda termasuk orang yang emosional ketika menjalankan sesuatu dengan terburu-buru, maka usahakan buat rencana yang baik sehingga Anda tidak perlu terburu-buru menjalankan pekerjaan tertentu. Misalnya, jika Anda sering emosi bila bertemu dengan seseorang teman, maka coba jaga jarak dengan teman tersebut.

Kelola waktu dengan mengatur jadwal dan membuat rencana hal-hal yang perlu dilakukan. Perencanaan akan membantu Anda mengurangi stres.

# Menyibukan diri dengan hobi

Menjalankan aktivitias yang membuat Anda senang dapat menciptakan emosi positif di kehidupan sehari-hari. Mengerjakan hobi yang Anda sukai membuat Anda merasa rileks dalam dunia Anda sendiri.

# Memberi bantuan pada orang lain

Cara mengendalikan emosi ini adalah salah satu cara yang juga dianjurkan oleh banyak agama. Kegiatan memberi dapat membuat Anda senang. Memberi di sini tidak hanya diartikan dengan materi, tetapi Anda juga bisa memberikan bantuan waktu hingga memberi senyum.

# Ceritakanlah pada orang lain

Mencurahkan isi hati kepada teman yang Anda percaya atau yang mengalami hal serupa akan sangat membantu mengatasi emosi yang Anda alami. Mengeluh dan tertawa bersama dapat membantu menyingkirkan rasa emosi

Nah, itulah beberapa cara mengendalikan emosi yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar